Selamat Datang di Situs WEAP
WEAP
WEAP adalah sebuah insiatif dari Stockholm Environment Institute.


Tentang WEAP

Beranda
Mengapa WEAP ?
Fitur
Apa yang Baru ?
Contoh Screen
Contoh Demo
Aplikasi
Publikasi
Sejarah dan Kredit

Menggunakan WEAP
Unduh
Lisensi
Bantuan Penggunaan
Tutorial
Video
Sumber

Forum Pengguna
Diskusi
Daftar Anggota
Sunting Profil

Penunjang Tambahan
Pelatihan
Program Universitas
Kolaborasi

Tentang Kami
SEI-US Program Sumberdaya Perairan
Silahkan Hubungi Kami

 Berita Lingkungan
LEAP Tertarik pada Energi?
Baca tentang LEAP: Software SEI untuk perencanaan energi

Mengapa WEAP ?

Selayang Pandang     Latar Belakang     Pendekatan     Contoh     Perkembangan

Selayang Pandang

WEAP adalah alat perangkat lunak untuk perencanaan sumber daya air terpadu yang mencoba untuk membantu, bukan pengganti perencana terampil Ini menyediakan kerangka kerja yang komprehensif, fleksibel dan ramah pengguna untuk perencanaan dan analisis kebijakan. Bertambahnya jumlah ahli perairan menemukan bahwa WEAP berguna untuk menambah toolbox model, database, spreadsheets dan perangkat lunak lainnya Pengenalan ini menyajikan tujuan WEAP, pendekatan, dan struktur, sebuah deskripsi teknis rinci tentang kemampuan WEAP tersedia dalam publikasi terpisah, WEAP Petunjuk Penggunaan.

Latar Belakang

Banyak daerah menghadapi tantangan manajemen air tawar. Alokasi sumber daya air yang terbatas, kekhawatiran mengenai kualitas lingkungan, perencanaan di bawah variabilitas iklim dan ketidakpastian, dan kebutuhan untuk mengembangkan dan menerapkan strategi penggunaan air berkelanjutan semakin menekan permasalahan bagi perencana sumber daya air. Pasokan konvensional berorientasi model simulasi tidak selalu cukup untuk menjelajahi berbagai pilihan manajemen.

Selama dekade terakhir, sebuah pendekatan terpadu untuk pengembangan air telah muncul yang menempatkan proyek air bersih dalam konteks sisi permintaan manajemen, dan pelestarian kualitas air dan ekosistem dan perlindungan. Weap menggabungkan nilai-nilai ini menjadi alat praktis untuk perencanaan sumber daya air dan analisis kebijakan. WEAP memiliki sisi melihat isu-isu seperti pola penggunaan air, efisiensi peralatan, penggunaan kembali strategi, biaya, dan skema alokasi air pada kedudukan yang sama dengan sisi penawaran topik seperti aliran sungai, sumber daya air tanah, waduk, dan transferair WEAP juga dapat dibedakan dengan kemampuannya untuk di padukan dengan simulasi alami (misalnya, jumlah evapotranspirasi, air larian, aliran dasar) dan rekayasa (misalnya, waduk, pemompaan air tanah) dari sistem air. Hal ini memungkinkan akses perencana untuk pandangan yang lebih komprehensif dari berbagai faktor yang harus diperhatikan dalam mengelola sumber daya air untuk digunakan sekarang dan mendatang. Hasilnya adalah alat yang efektif untuk memeriksa pengembangan air alternatif dan pilihan manajemen.

WEAP bisa dioprasikan dalam kapsitas yang banyak:

  • Database kesetimbangan air: WEAP menyediakan sistem untukmenjaga kebutuhan air dan informasi persediaan
  • Alat umum skenario: WEAP mensimulasikan kebutuhan air, pasokan, air larian, aliran sungai, penyimpanan, perkembangan polusi, perawatan dan debit dan kualitas air
  • Alat analisis kebijakan: WEAP mengevaluasi berbagai pengembangan air dan pilihan manajemen, dan memperhitungkan kegunaan ganda dan bersaing pada sistem air

Pendekatan WEAP

WEAP beroperasi dengan prinsip dasar keseimbangan air dan dapat diterapkan pada sistem kota dan pertanian, DAS tunggal atau kompleks lintas batas DAS sistem Selain itu, WEAP dapat mensimulasikan berbagai komponen alam dan rekayasa sistem ini, termasuk limpasan curah hujan, aliran mantap relatif, dan resapan air tanah dari curah hujan; analisis kebutuhan sektoral; konservasi air; kebijakan air dan prioritas alokasi, operasi reservoir; generasi hydropower; pelacakan polusi dan kualitas air; penilaian kerentana; dan persyaratan ekosistem. Sebuah modul analisis keuangan juga memungkinkan pengguna untuk menyelidiki perbandingan biaya-manfaat untuk proyek-proyek

Analis menunjukkan sistem dalam berbagai sumber pasokan (misalnya, sungai, anak sungai, air tanah, waduk, dan tanaman desalinasi); penarikan, transmisi dan fasilitas pengolahan air limbah; kebutuhan air; generasi pencemaran; dan persyaratan ekosistem. Struktur data dan tingkat detail dapat dengan mudah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan dan ketersediaan data untuk sistem tertentu dan analisis.

Aplikasi weap umumnya mencakup beberapa langkah.

  • Definisi studi: Kerangka waktu, batas-batas ruang, komponen sistem, dan konfigurasi dari masalah ditetapkan.
  • Akun sekarang: Sebuah gambar dari kebutuhan air secara aktual, beban polusi, sumber daya dan perlengkapan untuk sistem yang dikembangkan. Hal ini dapat dipandang sebagai langkah kalibrasi dalam aplikasi pengembangan.
  • skenario: Satu set asumsi alternatif tentang dampak masa depan kebijakan, biaya, dan iklim, misalnya, pada permintaan air, pasokan, hidrologi, dan polusi yang dapat dieksplorasi. (Peluang skenario yang memungkikan disajikan dalam bagian berikutnya.)
  • Evaluasi: Skenario dievaluasi berkenaan dengan biaya kecukupan air, dan manfaat, kompatibilitas dengan target lingkungan, dan kepekaan terhadap ketidakpastian dalam variabel kunci.

Contoh Analisis Skenario WEAP

Analisis skenario adalah pusat WEAP. Skenario digunakan untuk mengeksplorasi model dengan kisaran pertanyaan "what if" yang luas, sebagai contoh :

  • Bagaimna jika pola pertumbuhan populasi dan ekonomi berubah?
  • Bagaimana jika peraturan pengprasian resevoir diubah?
  • Bagaimana jika air tanah sepenuhnya dieksploitasi?
  • Bagaimana jika konservasi air diperkenalkan ?
  • Bagaimana jika persyaratan ekosistem terlalu ketat?
  • Bagaimana jika kelangsungan penggunaan program membentuk penyimpanan air yang berlebihan di akuifer bawah tanah?
  • Bagaimana jika diterapkan program penggunaan kembali air?
  • Tehnik irigasi apa yang lebih efektif untuk di terapkan?
  • Bagaimana jika tanaman pertanian campuran berubah?
  • Bagaimana jika perubahan iklim menjadi kebutuhan dan persediaan
  • Bagaimana polusi di hulu mempengaruhi kualitas air di hilir ?
  • Bagaimana penggunaan lahan mempengaruhi runoff ?

Perkembangan WEAP

Stockholm Environment Institute memberikan dukungan utama untuk pengembangan WEAP. Pusat Teknik Hidrologi dari US Army Corps of Engineers didanai perangkat tambahan yang signifikan. Sejumlah lembaga, termasuk UN, Bank Dunia, USAID, US EPA, IWMI, Water Research Foundation (sebelumnya AWWARF) dan Global Infrastructure Fund dari Jepang telah memberikan dukungan proyek. Weap telah diterapkan dalam penilaian air di puluhan negara, termasuk : Amerika Serikat, Meksiko, Brazil, Jerman, Ghana, Burkina Faso, Kenya, Afrika Selatan, Mozambik, Mesir, Israel, Oman, Asia Tengah, India, Sri Lanka, Nepal, Cina, Korea Selatan, dan Thailand.

Selanjutnya: Fitur